Dalam hal sejarah nasional Cina berdiri tegak di atas belahan dunia

Dalam hal sejarah nasional Cina berdiri tegak di atas belahan dunia lainnya, dengan kisah kehidupan di negara itu sejak ribuan tahun yang lalu. Berikut ini adalah sekilas beberapa poin penting dari masa lalu Kerajaan Tengah.

Tiga Penguasa dan Lima Kaisar

Catatan dimulai dengan Tiga Penguasa dan Lima Kaisar, sekelompok penguasa mitologis dan dewa dari Cina kuno yang sekarang dianggap sebagai pahlawan budaya. Diyakini telah hidup antara sekitar 2852 SM dan 2070 SM, Tiga Penguasa dianggap agen bola sbobet sebagai dewa yang menggunakan kemampuan mereka untuk tidak hanya menciptakan umat manusia tetapi juga untuk menawarkan keterampilan dan pengetahuan penting; Lima Kaisar adalah penguasa yang memiliki karakter moral yang hebat.

Bergantung pada sumbernya, nama-nama Tiga Penguasa dan Lima Kaisar sangat berbeda, dengan Fu Xi, Shennong dan Kaisar Kuning sering disebut sebagai gelar Penguasa dan Kaisar Ku, Shun dan Yao di antara para Kaisar yang dibicarakan. Shun adalah Kaisar terakhir yang memerintah, dan setelah dia menyerahkan takhta kepada Yu yang Agung, pemerintahan generasi ini memberi jalan kepada Dinasti Xia.

Dinasti Xia

Dinasti pertama yang dideskripsikan dengan baik dalam Catatan Sejarah Bambu, Catatan Sejarah Agung dan catatan sejarah kuno lainnya, diyakini telah memerintah negara itu antara tahun 2005 SM dan 1766 SM. Anggota paling awal dari klan Xia adalah Gun – ayah dari Yun the Great, yang dipanggil untuk membantu menghentikan banjir di Sungai Kuning. Setelah usahanya goyah, putranya yang berhasil mengendalikan air – tugas yang diyakini telah membuatnya 13 tahun untuk menyelesaikannya dengan membangun kanal di semua sungai yang banjir untuk membawa air keluar ke laut.

Karena sudah ketinggalan jaman penemuan skrip tulang Oracle dari Dinasti Shang, aturan dinasti Xia hanya dapat dianggap melalui penemuan arkeologis. Di antara penggalian paling signifikan yang dianggap terkait dengan dinasti itu dilakukan pada 2011, dengan sisa-sisa istana kekaisaran di Erlitou di Henan dikatakan berasal dari sekitar 1700 SM.

Dinasti Shang

Menggantikan Dinasti Xia pada 1766 SM, Dinasti Shang tetap menjadi salah satu periode paling penting dalam sejarah negara itu, dengan puluhan ribu arsitek sekarang menjelaskan peradaban Cina yang sedang berkembang.

Penemuan paling penting dari era modern adalah reruntuhan Yin Angyang baru, yang diidentifikasi sebagai ibukota Shang terakhir dan situs di mana sebelas makam kerajaan utama ditemukan, bersama dengan fondasi istana dan situs ritual yang berisi senjata perang dan puluhan ribuan artefak tulang, perunggu, keramik, batu giok, dan batu. Situs ini juga telah mengungkapkan bentuk tulisan China yang paling awal, berkat naskah tulang oracle yang disebutkan sebelumnya, yang menampilkan simbol dan bentuk yang berhubungan langsung dengan bahasa Cina modern.